Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Indonesia Statistical Analysis Conference (ISAC) 2016
Judul: Peningkatan Daya Saing Melalui Penciptaan Nilai (Value Creation) dan Reputasi Perguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas Widyatama)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0012016201#0001116801#0420088701

Tahun: 2016

Perguruan tinggi merupakan perusahaan nirlaba, namun bukan berarti bahwa perguruan tinggi harus  mengesampingkan  pelayanan.  Saat  ini,  perguruan  tinggi  swasta  di  Indonesia  jumlahnya berkembang pesat, dan masing-masing menawarkan keunggulan. Universitas Widyatama harus selalu siap sedia menghadapi persaingan yang ada, baik itu dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun  kenyataannya,  apabila  dibandingkan  dengan  perguruan  tinggi  swasta    yang  lain,  Universitas Widyatama masih kalah bersaing.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendapatkan  apakah  penciptaan  nilai  (value  creation)  dan reputasi  PT  berpengaruh  baik  secara  simultan  maupun  secara  parsial  terhadap  daya  saing  Metode pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara,  observasi,  studi  literatur,  studi  dokumentasi dan penyebaran kuesioner.  Berdasarkan hasil identifikasi variable, maka Value creation diukur melalui lima indikator, yaitu: value  product,  value  service,  value  personil,  value  image  dan  value  moneter.  Variabel  dan  brand reputation   yang   diajukan,   diukur   melalui   ability,   attitude,   appearance,   attention,   action,   dan accountability.  Sedangkan  competitiveness  diukur  melalui  unique  service,  value,  product  quality, customer convenience, dan customer experience.  Penelitian ini telah menghasilkan beberapa temuan penting  tentang  pengujian  konsistensi  dan  pengembangan dari  pengaruh  penciptaan  nilai  (value creation) dan reputasi terhadap daya saing.secara bersama-sama dan bila di uji masing-masing yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan daya saing adalah penciptaan nilai (value creation).