Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Conference on Management and Behavioral Studies (CMBS) 2016
Judul: Kajian Strategi Pengembangan Kota Tua Pecinan Bandung Menjadi Kota Wisata Dan Belanja (Studi pada Kota Pecinan Bandung)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0412027205#0420116801

Tahun: 2016

Mengembangkan pariwisata di perkotaan adalah usaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak hotel dan restoran, dan sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi di perkotaan. Pengembangan pariwisata apapun jenis dan namanya memerlukan fungsi pengelolaan yang kreatif dan inovatif berdasarkan atas perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, dan evaluasi yang terukur dan konstruktif. Pembangunan wisata kota adalah pembangunan yang terintegrasi dan holistik yang akan mewujudkan kepuasan semua pihak. Tujuan makalah ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan Kota Tua Pecinan Bandung menjadi kota Wisata dan belanja. Sehingga menghasilkan strategi untuk pengembangan Kota Pecinan Bandung menjadi kota wisata dan belanja yang mana akan berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah Kota Tua Pecinan Bandung. Serta meningkatkan nilai Kota Tua Pecinan Bandung dimata masyarakat international. Rumusan masalah makalah ini dengan menganalisa informasi yang didapat dari hasil wawancara dan memberikan kuisioner yang dilakukan pada pemerintah kota Bandung dan para pengusaha atau pedagang di Kota Tua Pecinan Bandung. Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan metode analisa SWOT untuk mendapatkan strategi yang tepat untuk pengembangan Kota Tua Pecinan Bandung menjadi kota wisata dan belanja. Implikasi yang akan diperoleh dari studi ini adalah strategi pengembangan Kota Tua Pecinan Bandung