Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Business Journal (Jurnal Bisnis dan Sosial) ISSN : 2407-6392 Vol 1, No.2, April 2015
Judul: Hubungan Antara Kualitas Produk Sepeda Motor New Honda Revo F1 dengan Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Pengguna Sepeda Motor New Honda Revo F1 di Kota Bandung)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0418118404

Tahun: 2015

Pertumbuhan industri sepeda motor cukup besar, tahun 201 1 penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 8.043.535 unit, tahun 2012 sebesar 7.141.586 unit, dan tahun 2013 sebesar 7.771.014 unit. Honda sebagai penguasa pasar sepeda motor selalu mengalami kenaikan penjualan dari tahun ke tahun akan tetapi salah satu produk unggulannya yaitu Honda Revo mengalami penurunan penjualan dari tahun 2012 ke tahun 2013 sebesar 24.838 unit. Untuk meningkatkan penjualannya PT. Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan sepeda motor New Honda Revo FI dengan peningkatan pada kualitas produk. Penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran kualitas produk sepeda motor New Honda Revo FI, kemudian untuk mengetahui garnbaran proses keputusan pembelian konsumen terhadap sepeda motor New Honda Revo FI dan sejauh mana hubungan kualitas produk sepeda motor New Honda Revo FI dengan proses keputusan pembelian konsumen. Objek penelitian adalah pengguna sepeda motor New Honda Revo FI di Kota Bandung. Variabel bebas (X) adalah kualitas produk dan variabel terikat (Y) adalah proses keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif verifikatif. Metode yang digunakan adalah survei explanatory dengan teknik systematic random sampling. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden dan Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi Kendall dan spearman brown dengan menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan kualitas produk sepeda motor New Honda Revo FI dengan proses keputusan pembelian konsumen memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,493. Hal tersebut menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat korelasi yang sedang antara kualitas produk sepeda motor New Honda Revo FI dengan proses keputusan pembelian konsumen.