Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pameran Inovasi Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV
Judul: booklet AKDR Augmented Reality
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Bandung
Jenis/sdm: dosen/0405067906

Tahun: 2019

Booklet Alat Kontrasepsi Dalam Rahim Augmented Reality adalah salah satu media pendidikan kesehatan berbasis pengembangan teknologi informasi. seperti diketahui, bahwa pengguna Metode Kontrasepsi Jangka panjang (MKJP) terutama Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) di Indonesia ini masih rendah. angka pengguna AKDR yang masih rendah ini disebabkan karena berbagai hal yaitu rasa takut saat pemasangan, khawatir dengan alat nya sendiri yang bisa berjalan-jalan didalam tubuh, AKDR bisa menyebabkan perdarahan dan mitos lainnya yang tidak benar.

sehubungan dengan paparan tersebut, maka diperlukan media yang bisa menghilangkan  ketakutan atau kekhawatiran masyarakat atau meminimalkan mitos di sekitar masyarakat dengan tujuan akhirnya adalah penggunaan AKDR terus meningkat di masyarakat melalui pendidikan kesehatan yang benar.

AKDR berbasis augmented reality memberikan gambaran yang hampir sama dengan kenyataannya. peserta yang diberikan pendidikan kesehatan dengan booklet ini akan lebih memahami bagaimana AKDR bekerja didalam tubuh, tetapi tentu saja media bukan menjadi satu-satunya persyaratan untuk terjadinya perubahan perilaku, ada faktor lain yang mendukung atau memengaruhi perilaku individu dalam hal ini adalah penggunaan AKDR misalnya kuatnya pengambilan keputusan oleh suami dan keluarga.