Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: SECTIO CAESAREA ATAS INDIKASI LETAK SUNGSANG
Judul: FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN SECTIO CAESAREA PADA IBU BERSALIN ATAS INDIKASI LETAK SUNGSANG
Perguruan Tinggi: Akademi Kebidanan Bhakti Asih Purwakarta
Jenis/sdm: dosen/04417514031#0410118703

Tahun: 2017

ABSTRAK

Latar Belakang:Semakin meningkatnya angka kematian ibu akibat persalinan SC atas indikasi letak sungsang di Dunia, Indonesia, dan RS Aulia Jakarta untuk setiap tahunnya.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan sectio caesarea pada ibu bersalin atas indikasi letak sungang di RS Aulia Jakarta tahun 2016.

Metode:Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif analitik dengan pendekatan cross sectionalyaitu menggunakan data sekunder yang diambil dari status pasien berdasarkan rekam medis yang ada di RS Aulia dengan populasi yaitu seluruh ibu bersalin yang di diagnosa letak sungsang dengan tindakan SC pada tahun 2016 yang berjumlah 98 orang, dan pengambilan sample dengan cara total sampling. Variabel yang diteliti yaitu kehamilan kembar, paritas, plasenta previa dan oligohidramnion.

Hasil:Dari hasil penelitian kejadian tindakan SC atas indikasi letak sungsang di RS Aulia Jakarta Selatan Tahun 2016, pada variabel kehamilan kembar terhadap tindakan SC atas indikasi letak sungsang diperoleh p=0,063 (p>0,05), variabel paritas terhadap tindakan SC atas indikasi letak sungsang diperoleh p=0,756 (p>0,05), variabel plasenta previa terhadap tindakan SC atas indikasi letak sungsang diperoleh p=0,001 (p<0,05), variabel Oligohidramnion terhadap tindakan SC atas indikasi letak sungsang diperoleh p=0,000 (p<0,05), variabel Bayi premature terhadap asfiksia neonatorum diperoleh p = 0,034 (p < 0,05). Artinya ada hubungan dari plasenta previa dan oligohidramnion dengan tindakan SC atas indikasi letak sungsang di RS Aulia Jakarta tahun 2016. Dan tidak ada hubungan antara kehamilan kembar dan paritas dengan tindakan SC atas indikasi letak sungsang di RS Aulia Jakarta tahun 2016.

Kesimpulan:Kejadian tindakan SC atas indikasi letak sungsang di RS Aulia Jakarta tahun 2016 dapat meningkat yang disebabkan oleh faktor plasenta previa dan oligohidramnion di RS Aulia Jakarta tahun 2015

Kata Kunci: SC, letak sungsang, oligohidramnion, plasenta previa