Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Farmasi dan Makanan
Judul: Pembuatan Sediaan Param Antipanu Rimpang Lengkua Merah (Alpinia Purpurata K. Schum) dari Beras (Oriza Sativa L) sebagai Bahan Pengisi
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
Jenis/sdm: mahasiswa/4840114015

Tahun: 2018

Abstrak

Latar Belakang: Lengkuas merah (Alpinia purpurata K.Schum) merupakan salah satu tumbuhan yang sudah dimanfaatkan khasiatnya secara turun-temurun oleh masyarakat di Desa Tanggulun Barat RT.23/RW.06 Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang, sebagai suatu swamedikasi penyakit panu. Namun, semakin berkembangnya teknologi di bidang pengobatan sebagian besar masyarakat cenderung memilih obat sintetis daripada obat herbal, khususnya masyarakat di perkotaan.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan param antipanu rimpang lengkuas merah (Alpinia purpurata K.Schum) dari beras (Oryza sativa L) sebagai bahan pengisi yang stabil secara organoleptis.

Metode: Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah etnofarmakologi. Penelitian diawali dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada masyarakat di desa Tanggulun Barat RT.23/RW.06 Kalijati kabupaten Subang yang menjadi acuan pembuatan sediaan param dengan variabel lama waktu penjemuran dengan maksud untuk mengetahui pengaruh kadar air terhadap stabilitas sediaan selama dalam penyimpanan. Pengujian stabilitas sediaan param dilakukan dengan pengamatan organoleptis dalam tiga variabel penyimpanan.

Hasil: Hasil menunjukan bahwa sediaan param yang dijemur selama satu hari memiliki stabilitas warna dan aroma yang lebih baik dibandingkan penjemuran dua dan tiga hari, sedangkan hasil pengujian organoleptik sediaan menunjukan tidak ditemukannya perbedaan stabilitas bentuk dan pertumbuhan jamur pada semua sampel, namun terjadi perubahan aroma dan warna pada penyimpanan dalam wadah terbuka dan tertutup dengan silica gel.

Simpulan: Simpulan dari penelitian ini adalah sediaan param dengan penjemuran satu hari dengan penyimpanan dalam wadah tertutup tanpa silica gel memberikan hasil dan stabilitas yang baik selama tiga minggu.

Kata kunci:  lengkuas merah, param, uji organoleptik