Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Farmasi dan Makanan
Judul: PEMBUATAN SEDIAAN OLES EKSTRAK KENTAL DAUN BINAHONG (ANREDERACORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) DAN MADU SEBAGAI PERAWATAN LUKA LUAR
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
Jenis/sdm: mahasiswa/4820113004

Tahun: 2017

Abstrak

Latar belakang : Seluruh bagian tanaman Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) mulai dari akar, umbi, batang, daun dan bunga sangat mujarab untuk terapi herbal. Salah satu khasiat tanaman Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) yaitu sebagai penyembuhan luka terbuka terutama pada bagian daunnya.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan membuat sediaan ekstrak kental  dari campuran antara daun binahong dan madu untuk perawatan luka luar.

Metode: Metode penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya mengenai khasiat daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) untuk penyembuhan luka terbuka pada kulit Kelinci. Dalam penelitian ini, sediaan dibuat dari daun Binahong dalam bentuk ekstrak kental yang dicampur dengan madu untuk perawatan luka pada kulit melalui proses sokletasi selama tiga hari dengan menggunakan pelarut Etanol 96%. Ekstrak dibuat dengan mengekstraksi 50 gr daun binahong dengan 500 mL Etanol 96%, ekstrak cair yang dihasilkan kemudian diuapkan, dan diperoleh rendemen sebanyak 24,29%, lalu ditambahkan 38 mL madu kedalam 12,145 gr ekstrak kental, sediaan setiap kemasan mengandung 2,46 gr ekstrak kental daun Binahong dan 7,70 mL madu.

Hasil: Sediaan oles ekstrak kental daun binahong dengan madu tahan selama 3 minggu berdasarkan uji  organoleptis yang meliputi bentuk, warna, bau, rasa maupun pertumbuhan jamur.

Simpulan: Sediaan campuran ekstrak kental dari daun binahong dan madu dapat bertahan selama 3 minggu.