Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN GENDER TERHADAP PERILAKU ANAK SD KELAS II (Studi Kasus di SD Tanah Sereal Bogor)
Judul: PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN GENDER TERHADAP PERILAKU ANAK SD KELAS II (Studi Kasus di SD Tanah Sereal Bogor)
Perguruan Tinggi: Universitas Ibn Khaldun
Jenis/sdm: dosen/0415016802#0405056202

Tahun: 2014

Perilaku anak saat ini sangat menentukan perilaku anak dimasa yang akan datang, karena selama ini diasumsikan bahwa perilaku anak lelaki dan perempuan adalah sama. Begitu juga dengan tingkat pendidikan orangtua, asumsi yang ada saat ini adalah semakin tinggi tingkat pendidikan orangtua maka tingkat afektif anak juga akan semakin baik. Adanya asumsi inilah yang membuat peneliti mengetahui tentang kebenarannya meskipun hanya dilakukan di dua SD terpilih guna melihat perilaku anak. Hasil dari penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan perilaku berdasarkan gender dan juga dimensi dari perilaku, yakni terdapat perbedaan perilaku anak SD kelas dua di dua SD terpilih di Tanah Sereal Bogor berdasarkan gender (sig 0,107). Sedangkan untuk perbedaan perilaku dimensi gotong royong anak SD kelas dua di dua SD terpilih di Tanah Sereal berdasarkan jenis kelamin anak (sig. 0,315 > 0,05). Untuk mencintai lingkungan juga ada perbedaan antara anak lelaki dan perempuan (sig. 0,387 > 0,05), perilaku demokratis tidak ada pengaruhnya (sig. 0,047 < 0> 0,05). Tingkat pendidikan ibu mempengaruhi dimensi dari perilaku anak SD kelas dua terhadap Tingkat Pendidikan Ibu (yakni dimensi gotong royong ( sig 0,315), cinta lingkungan (sig 0,387) dan Pancasila (sig 0,166), sedangkan dimensi demokrasi tidak ada perbedaan (0,020 < 0> 0,05). Terdapat perbedaan Dimensi dari perilaku anak SD kelas dua terhadap Tingkat Pendidikan Bapak ketiga dimensi yang lain yakni cinta lingkungan, demokratis dan Pancasila, memberikan perbedaan yang signifikan, yakni cinta lingkungan (0,192); Demokratis (0,222) dan Pancasila (0,595), sedangkan untuk gotong royong tidak terdapat perbedaan. Namun terdapat perbedaan perilaku anak SD kelas dua terhadap tingkat pendidikan Bapak yakni sebesar 0,074 (> 0,05).