Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN HIDUP ANAK JALANAN DI KOTA BOGOR
Judul: PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN HIDUP ANAK JALANAN DI KOTA BOGOR
Perguruan Tinggi: Universitas Ibn Khaldun
Jenis/sdm: dosen/0413017608

Tahun: 2014

Penelitian pemberdayaan atau Participatory Action Research (PAR) ini

dilaksanakan berdasarkan masalah yang dialami anak jalanan, mereka secara sosial

terpinggirkan, memiliki pendidikan yang rendah, ekonomi yang lemah, dan pengetahuan

agama yang kurang. Karena itu fokus penelitian lanjutan ini adalah pemberdayaan

keterampilan hidup anak jalanan. Tujuan pemberdayaan adalah agar anak jalanan

memiliki keterampilan hidup, berdaya secara ekonomi serta secara perlahan mengurangi

frekuensi mereka turun ke jalan. Metode yang digunakan adalah participatory action

research yaitu segala tindakan yang dilaksanakan merupakan gagasan bersama dan

dijalankan bersama. Tahapan PAR ini merupakan siklus yang saling terkait yang dimulai

dari 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) mengkaji ulang tindakan, 4) tindakan dan

pengamatan lanjutan, 5) mengkaji ulang (refleksi). Hasil pemberdayaan adalah: anak

jalanan memiliki beberapa keterampilan seperti membuat kerajinan dari bahan daur

ulang atau bahan bekas, membuat sablon, stiker dan orangtua mereka juga dibantu

secara ekonomi dengan pemberian modal. Pemberdayaan keterampilan selain memiliki

keterampilan juga sikap positif yang tumbuh dalam keterampilan ini yaitu kesabaran,

kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan.