Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Pendidikan Serantau
Judul: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match terhadap peningkatan kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dsar Kelas II pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Perguruan Tinggi: Universitas Langlangbuana
Jenis/sdm: dosen/0407087803

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA SD. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Dasar kelas II SDN Jati 02 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik 62 orang. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas A sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Kelas A mendapat perlakuan dengan model pembelajaran cooperative type make a match dan kelas B mendapat pembelajaran dengan metode konvesional. Dalam penelitian ini ada 2 instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Program SPSS versi 22 for Windows. Perhitungan statistik yang digunakan adalah: Uji Normalitas, uji homogenitas, Uji Kesamaan Rata-Rata (Uji-t) menggunakan SPSS dan Uji Gain Ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari peningkatan skor kelas eksperimen sebesar 22, 06 dengan skor rata-rata gain ternormalisasi 0,54, sedangkan pada kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 16,78 dengan skor rata-rata gain ternormalisasi 0, 28.

Kata Kunci: Kooperatif, type make a match, kemampuan berpikir kritis