Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Return on Assets
Judul: PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Periode Tahun 2004-2015)
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Jenis/sdm: dosen/0409126902#62114013

Tahun: 2016

Penyaluran kredit merupakan sumber pendapatan terbesar pada bank, hal tersebut menunjukkan bahwa penyaluran kredit memiliki peranan penting dalam meningkatkan Profitabilitas yang diperoleh bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio dan Profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Assets pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Penelitian ini juga mencoba untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh dan Non Performing Loan dan. Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Assets pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten. Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan sumber data yang berasal dan Laporan Keuangan Tahunan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. tahun 2004-2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio dan Profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Assets pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Periode Tahun 2004-2015 baik. Kemudian, pengujian mengenai pengaruh antar variabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Non Performing Loan terhadap Profitabilitas, akan tetapi tidak terdapat pengaruh Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas dan terdapat pengaruh Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Periode Tahun 2004-2015.