Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Entrepreneurship
Judul: ECOPRENEURSHIP PADA INDUSTRI PERIKANAN: BAGAIMANAKAH MANIFESTASI ECO-INNOVATION PADA FISH ???N BLUES ENTERPRISE?
Perguruan Tinggi: Universitas Telkom
Jenis/sdm: dosen/0401089001

Tahun: 2017

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan eco-innovation yang dimanifestasikan oleh perusahaan Fish ???n Blues (FnB) sebagai realisasi ecopreneurship dan inovasi pada industri perikanan di Indonesia. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan metoda secara kualitatif. Informan pada penelitian ini terdiri atas owner dan staf FnB yang telah sesuai dengan indikator dan justifikasi tujuan penelitian ini, yaitu sebanyak 5 orang. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan karyawan yang berada di Fish ???n Blues secara langsung untuk menggali informasi yang dibutuhkan. Dalam teknik analisis data, peneliti berpedoman terhadap analisis data di lapangan model Miles & Huberman, yang terdiri atas data collection, data reduction, data display, conclusion drawing dan verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan wujud eco-innovation pada FnB terdiri atas enam kategori yang terdiri dari product care, minor product improvement, major product improvement, functional innovation, system innovation dan scientific breakthrough. Pada prakteknya, inovasi product care dilakukan pada proses penjualan produk makanan laut ramah lingkungan, baik produk mentah maupun olahan. Pada minor product improvement, FnB memiliki lini produk dengan menjual produk mentah dan produk olahan, jadi tidak hanya hasil tangkapan. Perubahan minor misalnya produk pilus rumput laut, bakso tuna, pastel kerang, kerang darah crispy dan kerang darah telur. Major product improvement yang dilakukan ialah perubahan fungsi dari produk mentah ikan tuna yang biasa digunakan sebagai menu utama menjadi Tuna Spread sebagai produk tambahan untuk olesan makanan lain seperti roti dan biskuit. FnB menggunakan kantong singkong sebagai pengganti kantong plastik yang menjadi solusi dalam permasalahan sampah plastik sehingga inovasi tersebut sesuai dengan dimensi functional innovation terkait ecopreneurship. FnB menggunakan media sosial untuk promosi dan kampanye. Pemilihan media sosial dibanding media massa lain seperti televisi dan majalah ini sesuai dengan dimensi system innovation karena adanya inovasi dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dengan cara yang lebih efektif. Kategori yang terakhir adalah scientific breakthrough yaitu penemuan yang ramah lingkungan akan berpengaruh pada skala yang luas atau terhadap beberapa industri atau biasa disebut terobosan ilmiah. Berdasarkan hasil analisis, sayangnya sampai saat ini FnB belum memiliki terobosan ilmiah karena FnB hanya berfokus untuk menjual produk saja.

 

Kata kunci: ecopreneurship; eco-innovation; Fish ???n Blues; retailer perikanan