Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Communication Science and Broadcasting
Judul: Analisis Komunikasi Birokrasi Atas Kualitas Layanan Publik di Wilayah Administrasi Kabupaten Bandung
Perguruan Tinggi: Universitas Telkom
Jenis/sdm: dosen/0406117203#0412128801

Tahun: 2017

Pelayanan publik atau sering disebut pelayanan masyarakat, pelayanan umum atau juga public service adalah merupakan salah satu kegiatan dari pemerintah yang selalu menjadi perhatian publik. Opini publik terhadap aktivitas pemerintahan dalam bidang pelayanan masyarakat yang beredar dan berkembang masih memiliki kecenderungan yang lemah ketimbang keunggulan yang dapat diwujudkan secara konkrit. Kelemahan ini tercermin dari banyaknya keluhan terhadap terjadinya penyimpangan baik biaya, prosedur, atau ketidakpastian waktu untuk suatu jasa yang diinginkan. Banyaknya keluhan masyarakat yang tidak dapat tersampaikan secara baik, karena tidak adanya akses informasi yang terbuka.

Disadari tentang pentingnya pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan realitas semakin meningkatnya tuntutan terhadap pelayanan publik yang lebih berkualitas, namun dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan dewasa ini, terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan tingkat bawah, kualitas pelayanan publik tersebut masih belum optimal. Seperti yang terlihat dari pengamatan awal penulis di Kabupaten Bandung, bahwa terdapat kecenderungan penilaian masyarakat atas pelayanan yang diberikan itu dinilai mahal (dari aspek biaya, waktu dan tenaga yang dikeluarkannya.