Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Debt To Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA)
Judul: PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2012
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Jenis/sdm: dosen/0409126902#32112248

Tahun: 2015

Perusahaan memiliki tujuan utama untuk memperoleh laba bagi pertumbuhan dan kesejahteraan pemilik. Perolehan laba tersebut tidak terlepas dari modal yang dimiliki perusahaan. sebagai perusahaan go public, maka tidak akan terlepas dari adanyan dana dari pihak ketiga. Namun adanya dana pihak ketiga ini dapat menaikkan atau menurunkan laba jika tidak tepat dalam penggunaannya, karena terdapat beban bunga yang dapat berpengaruh pada laba perusahaan.

Tujuan dalam penyusunan Skripsi ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan seberapa besar pengaruh Debt To Equity Ratio (DER)Terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan manufaktur sektor farmasi yang terdaftar di BEI periode 2008-2012.

Pengunaan data dalam penelitian ini memakai data sekunder berupa laporan keuangan yang telah tersedia didalam perusahaan-perusahaan manufaktur di BEI.Pengujian dilakukan dengan

menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji T dengan menggunakan alat bantu Microsoft Excell 2007.

Dari hasil regresi menunjukkan bahwa variable independen (Debt To Equity Ratio) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variable dependen (Return On Asset) dengan tingkat kesalahan sebesar 2,5%. Dari hasil uji koefisien korelasi diketahui pengaruh DER terhadap ROA sebesar-0,41697. Uji koefisien determinasi menunjukan hasil 0,174 atau 17,4%. Sedangkan uji t menunjukan bahwa t hitung sebesar -3,008 lebih besar dari t tabel dengan derajat kebebasan 43 yaitu sebesar 2,017.

Dari hasil analisa dan penggunaan hipotesis atas data yang ada pada perusahaan maka didapatkan pengaruh yang signifikan antara Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA).