Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kebutuhan Pelanggan, Kinerja Bauran Pemasaran jasa bandara, Nilai Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.
Judul: KAJIAN KEBUTUHAN PELANGGAN, BAURAN PEMASARAN, NILAI PELANGGAN, DAN LOYALITAS PELANGGAN.
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Jenis/sdm: dosen/0419055803

Tahun: 2015

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Kebutuhan Pelanggan dan Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Bandara di bandara Soekarno-Hatta. Pengaruh Kebutuhan Pelanggan dan Kinerja Bauran Pemasaran jasa bandara terhadap Nilai Pelanggan. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Bandara terhadap Loyalitas Pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan pada penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Teori Umum/ Grand Theory; Teori Manajemen Pemasaran Jasa dan Teori Manajemen Bandara. Teori Antara/ Middle Theory; Teori Sistem Pemasaran Jasa dan teori Sistem Pemasaran Jasa Bandar Udara. Teori Aplikatif/ Applied Theory; Teori Kebutuhan Pelanggan, Bauran Pemasaran Jasa, dan Teori Nilai Pelanggan. Analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif dan verifikatif, dengan alat analisis Strucktural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara Kebutuhan Pelanggan dengan Kinerja Bauran Pemasaran jasa bandara. Kebutuhan Pelanggan dan Kinerja Bauran Pemasaran jasa bandar udara berpengaruh cukup besar terhadap Nilai Pelanggan, baik secara parsial maupun secara simultan.