Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Membangun Literasi di Sekolah Dasar Menuju Indnesia 2045
Judul: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
Jenis/sdm: dosen/9904201854

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bangkaloa II yang berjumlah 24 orang terdiri dari 8 Perempuan dan 16 Laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data kemampuan berpikir kritis matematis dilakukan dengan metode tes dan data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar.

 

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Kemampuan Berpikir kritis.