Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Judul: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Di Kelas II Sekolah Dasar
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang
Jenis/sdm: dosen/0426108801

Tahun: 2017

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa melaluli pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw pada materi perkalian di kelas II SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan sebanyak sua siklus. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah tes dengan jenis soal essay yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya dan lembar observasi untuk mengobservasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai 60. Pada siklus II telah meningkat dengan nilai rata-rata 81. Demikian pula kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I mendapatkan nilai 65, pada siklus kedua telah meningkat dengan nilai 80.