Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kondisi Pembelajaran
Judul: Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam melatih berpikir tingkat tinggi siswa SD dalam pembelajaran IPA
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang
Jenis/sdm: dosen/0416068607

Tahun: 2016

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hayat, pendidikan sangat penting bagi manusia, karena tanpa pendidikan akan sulit berkembang dan akan terbelakang. Berbagai cara telah dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Indonesia salah satunya dengan mengubah sistem dan kurikulum pendidian. Perguliran kurikulum 2013 diharapkan siswa belajar aktif mengikuti proses pembelajaran.

Model pembelajaran kontekstal (contextual teaching and learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai sumber belajar. Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terdapat tahap-tahap proses pembelajaran yaitu tahap invitasi, tahap eksplorasi, tahap penjelasan solusi, tahap pengambilan tindakan. Terdapat tiga kategori definisi pemikiran tingkat tinggi yaitu pemikiran tingkat tinggi dari segi transfer, pemikiran tingkat tinggi sebagai berpikir kritis, dan pemikiran tingkat tinggi sebagai pemecahan masalah. Pemikiran tingkat tinggi merupakan tingkatan pemikiran yang banyak di teliti, namun di dunia pendidikan Indonesia pemikiran ini masih kurang di kenal.

Kata kunc:, model pembelajaran Kontektual dan Higher Order Thinking Skills