Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kesekretariatan
Judul: The Role Of Synergy, Innovation And Creativity In The Success OF “WAROENG PENYET BU SUNGKONO”
Perguruan Tinggi: Akademi Sekretari Dan Manajemen Bina Insani
Jenis/sdm: dosen/0402097103

Tahun: 2017

Waroeng Penyet Bu Sungkono adalah warung yang menyajikan menu favorit ayam bakar, sayur asem dan sambal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sinergi keluarga, kreativitas, inovasi dan produk dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi keluarga Sungkono,yang terdiri dari anak pertama keluarga Sungkono beserta suaminya, Bapak dan Ibu Sungkono, Mertua dan Pakde dalam bersatu dan bekerjasama mendukung usaha diperlukan. Latar belakang pendidikan pelaku usaha
meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kreativitas dalam pemilihan nama warung, usaha promosi,
pemilihan bahan berkualitas, cara menyajikan, kebersihan produk, tempat memasak, tempat usaha,
pemilihan menu, layanan antar, pemesan nasi box, pemilihan pemasok ayam dilakukan untuk menarik
minat pelanggan. Inovasi dalam menu yang disajikan, cara memasak membuat produk favorit warung ini
memiliki keistimewaan dalam cita rasa yang menggugah selera pelanggan. Sajian yang mengenyangkan
dan cita rasanya yang lezat membuat pelanggan melakukan pembelian berulang. Pada akhirnya
keunggulan ayam bakar olahan warung ini mampu menjual dirinya sendirinya dan membuat warung
menjadi semakin dikenal orang hingga keluar lokasi warung. Produknya bahkan direkomendasikan untuk
mengisi kantin di sebuah perusahaan ternama di Jakarta. Ditemukan kesulitan dalam mencari sumber
daya manusia jujur dan loyal, kenaikan harga bahan baku utama yaitu ayam dan terutama cabe rawit
merah, penentuan harga jual paket box yang berbeda di tempat penjualan yang berbeda, regenerasi dalam hal keahlian memasak menjadi perhatian usaha ini.

Kata Kunci: inovasi, kreativitas, produk, sinergi keluarga

Waroeng Penyet Bu Sungkono is a warung that serves people’s favorite menu of grilled chicken, sayur
asem, and sambal. The study aims to determine the role of a family synergy, creativity, innovation and
products in developing businesses. This research uses descriptive method with qualitative analysis model. The Sungkono family consists of the Sungkono family's first child and her husband, Mr. and Mrs.
Sungkono, her parents in-laws and her uncle (Pakde), The results showed that the family’s synergy of
collaboration in supporting a business is required. The educational background of its owner increased
customers’ trust. In addition, creativity in forming the warung’s name, promotional efforts, material
quality selection, presentation, products hygiene, cooking manner, location, menu selection, delivery
services, box order, and chicken supplier selection are selected to attract customers. Innovations in
menus and cooking manner resulted on a particular flavor of its favorite menu desirable to the palate.
Full plate servings and delicious taste cause repeat orders from customers. At the end, this particular
blend of grilled chicken is a hot selling item and became well known even beyond its neighborhood. This
warung is even requested by a reputable company in Jakarta to sell their product in the company’s
canteen. The owners endure difficulties in finding appropriate human resources who are honest and
loyal. Other aspects that become their main concern are the price increase of main ingredients such as
chicken and chili, determining different selling price of box orders for different sales areas, as well as
passing on the culinary expertise.

Keywords: innovation, creativity, product, synergy.