Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pemasaran Holistik, Pemasaran Kerelasian, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Tanggung Jawab Sosial, Pemasaran Internal, Kepercayaan. dan Citra.
Judul: IMPLEMENTASI PEMASARAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN CITRA PADA INDUSTRI PERBANKAN PEMERINTAH
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Jenis/sdm: dosen/0409126902

Tahun: 2014

Sampai saat ini, industri perbankan di Indonesia masih dalam kondisi pemulihan akibat dampak krisis finansial yang terjadi secara global dalam lingkungan yang berubah secara cepat. Dampak krisis global ini berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat juga mempengaruhi citra perusahaan perbankan. Untuk meningkatkan kepercayaan dan citra perusahaan perbankan di Indonesia, khususnya bank pemerintah di Provinsi Jawa Barat, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan konsep pemasaran holistik yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal, dan pemasaran tanggung jawab sosial pada industri perbankan.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen dengan fokus pada manajemen pemasaran holistik (holistic marketing management). Pengamatan dilakukan terhadap perusahaan perbankan di Provinsi Jabar yang memasarkan produk berupa kredit. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif menggunakan metode survei deskriptif dan eksplanatori. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan sampel sebanyak 220 orang yang terdiri dari manajer dan nasabah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilengkapi dengan wawancara dan observasi. Data lapangan dikumpulkan pada bulan Januari sampai dengan Desember 2008 yang selanjutnya diolah menggunakan SEM.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran holistik yang terdiri dari pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran tanggung jawab sosial telah diterapkan dengan baik pada industri perbankan di Jawa Barat. Secara simultan,  pemasaran holistik yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap kepercayaan.. Penelitian ini menemukan bahwa bahwa pemasaran holistik yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran tanggung jawab sosial secara simultan berpengaruh terhadap citra dan menemukan menemukan pula, bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap citra perusahaan baik menurut penilaian kantor bank maupun nasabah bank. Hasil temuan akhir dari penelitian ini menurut penilaian nasabah  adalah bahwa pemasaran holistik yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal  dan pemasaran tanggung jawab sosial serta kepercayaan berpengaruh terhadap citra.