Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGENDALIAN INTERNAL, RISIKO, KINERJA PERUSAHAAN
Judul: ANALISIS PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENGELOLAAN RISIKO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Jenis/sdm: dosen/0414016102

Tahun: 2016

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh : (1) Faktor-faktor pengendalian internal; (2) Faktor-faktor pengelolaan risiko; (3) Faktor-faktor risiko bisnis; (4) Pengendalian internal dan risiko bisnis terhadap kinerja keuangan perusahaan; (5) Pengendalian internal dan risiko bisnis terhadap kinerja operasional perusahaan; (6) Kinerja keuangan dan kinerja operasional terhadap kinerja perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Telkom Divisi Regional VII yang terlibat dalam operasional dan pembuat kebijakan strategis dan operasional pelayanan jasa telekomunikasi yang diperkirakan mengetahui tentang pengendalian internal dan pengelolaan risiko serta hubungannya dengan kinerja perusahaan di Kawasan Timur Indonesia. Jumlah responden yang diteliti adalah 381 responden. Pengambilan sampel pada setiap jenis unit usaha dilakukan secara acak sederhana. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, pengolahan data menggunakan bantuan program statistik SPSS 11.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor aktivitas pengendalian, monitoring, pengelolaan risiko, informasi dan komunikasi, dan lingkungan pengendalian berpengaruh terhadap pengendalian internal dalam bisnis jasa telekomunikasi; (2) Faktor risk oversight dan risk controlling berpengaruh terhadap pengelolaan risiko; (3) Faktor pengelolaan risiko, informasi dan komunikasi, dan monitoring berpengaruh terhadap risiko binis; (4) Faktor risiko bisnis dan pengendalian internal berpengaruh terhadap kinerja keuangan; (5) Faktor pengendalian internal dan risiko bisnis berpengaruh terhadap kinerja operasional; (6) Kinerja operasional dan kinerja keuangan berpengaruh terhadp kinerja perusahaan.