Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Biologi Reproduksi
Judul: Biologi Reproduksi
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Jenis/sdm: dosen/9904011735

Tahun: 2016

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran telah memaksa semua tenaga kesehatan termasuk bidan sebagai tenaga kesehatan di garda terdepan yang berperan penting dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir harus beradaptasi. Salah satu mata kuliah dasar kebidanan yang sangant penting dipahami oleh para mahasiswa kebidanan khususnya adalah Biologi Reproduksi. Buku ini merupakan sintetis dari aspek-aspek yang berkaitan dengan reproduksi yang ditinjau dalam aspek biologis.

Siklus reproduksi manusia dimulai dari kondisi pra-konsepsi, fertilisasi, nidasi, hamil, organogenesis, pertumbuhan janin intrauterin, persalinan, nifaspeurperium, laktasi, dan transisi kehidupan neonatus penting dipahami oleh para calon bidan dimasa depan. Buku ini mengupas tuntas aspek biologi dari siklus tersebut dan disajikan dalam bahasa yang mudah dipahami serta didukung oleh visualisasi yang jelas sehingga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kompetensi mahasiswa kebidanan di Indoneisia.

Telah hadir beberapa buku serupa di pasaran, namun buku ini diyakini sebagai buku yang paling komprehensif dan lengkap dalam mengupas setiap topik reproduksi. Untuk meningkatkan penguasaan materi, buku ini dilengkapi dengan beberapa studi kasus, pengayaan dari sumber-sumber terbaru (jurnal), dan beberapa latihan soal sehingga mahasiswa dapat mengevaluasi diri kemampuannya dalam memahami materi yang telah dibaca dan dipelajari.