Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Engineering Management
Judul: STRATEGI PERUSAHAAN BERDASARKAN ANALISIS RETURN SAHAM TERHADAP EPS, DER, ROA, PER, INFLASI, DAN BI RATE PADA SUB SEKTOR TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA 2007-2015
Perguruan Tinggi: Universitas Telkom
Jenis/sdm: dosen/0423026501#1102134355

Tahun: 2017

Sub sektor telekomunikasi merupakan industri yang memiliki pengaruh yang besar terhadap beberapa aspek, salah satunya aspek perekonomian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  EPS, PER, DER, ROA,  inflasi, dan BI Rate, secara simultan dan parsial terhadap return saham pada sub sektor telekomunikasi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi sub sektor telekomunikasi dalam meningkatkan performansi return saham setiap perusahaan. Sampel yang di gunakan adalah 5 perusahaan dari sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI selama periode 2007 sampai 2015. Data ini menggunakan data sekunder,  dengan time series dan cross section dengan menggunakan regresi data panel.

EPS, PER, DER, ROA, inflasi, dan BI rate secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Sedangkan varibel yang memiliki pengaruh secara parsial terhadap return saham adalah  ROA, dan inflasi. alat untuk merumuskan strategi adalah dengan membuat kuesioner AHP untuk ahli dan matriks SWOT.

PT Telkom Indonesia terpilih mewakili perusahaan sub sektor telekomunikasi untuk dilakukan analisa SWOT. PT Telkom Indonesia adalah perusahaan yang menunjukkan nilai pertumbuhan ROA serta rata-rata return saham paling baik karena ROA memiliki pengaruh terhadap return saham. Strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah strategi progresif, diharapkan perusahaan ini menjadi contoh bagi perusahaan sub sektor telekomunikasi dalam  meningkatkan strategi perusahaan.