Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: Hubungan Antara Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0420048401

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian dengan mencari fakta interprestasi hubungan antar variable. Sedangkan teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik kuesioner terhadap pegawai di lingkungan Kantor Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan.

Hipotesis yang digunakn adalah sebagai berikut : (a) Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. (b) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi terhadap kinerja pegawai. Dan (c) Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja pegawai. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linierberganda dengan uji f dan uji t.

Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif antara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai yaitu sebesar 21,5%, sedangkan sisanya 78,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demkian, hasil penelitian ini mengambarkan bahwa kepemimpinan dan motivasi merupakan salah satu faktor determinan yang mempengaruhi kinerja pegawai. Hal ini berarti terdapat faktor lain yang mempengaruhi dari kinerja pegawai di lingkungan Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan yang tidak terindentifikasi dan belum terungkap dalam penelitian ini. Namun bukan berarti bahwa penelitian yang dilakukan ini tidak terjamin keakurasiannya dan validasinya, karena derajat kegagalan secara signifikan mencapai 5%. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut dan kajian bagi para peneliti selanjutnya, agar memperoleh hasil penelitian yang lebih berkualitas dan dapat di pertanggungjawabkan.