Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Sd Islam Al-Izhar 4 Kebayoran Lama - Jakarta
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0421057204

Tahun: 2017

Sumber daya manusia adalah aset yang sangat berharga bagi setiap organisasi dan memberikan kontribusi besar kepada organisasi karena pegawai bekerja dan bertindak untuk pencapaian tujuan organisasi. Tujuan organisasi dapat dicapai melalui tingginya komitmen organisasi yang dipengaruhi oleh pengawasan dan disiplin kerja kerja. Pengelolaan sumber daya manusia yang tepat merupakan kunci keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja karyawan yang tentunya berdampak secara operasional suatu perusahaan atau pada SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama-Jakarta..

Penarikan sampel dengan teknik sampel jenuh terhadap 50 responden dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis pengolahan  data, menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi product moment (korelasi pearson), uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien korelasi (uji t).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengawasan (variabel X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan (variabel Y) pada SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama-Jakarta. Hal ini berdasarkan hasil uji antara lain koefisien korelasi sebesar 0,830 dengan interprestasi sangat kuat, regresi linier sederhana sebesar Y = 13,482 + 0,631X dengan koefisien determinasi sebesar 68,89% serta tingkat signifikansinya sebesar 10,310.