Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Sistem Pendidikan Berbasis Boarding School
Judul: Sistem Pendidikan Berbasis Boarding School Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Kebidanan STIKes Kuningan Tahun 2009
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Jenis/sdm: dosen/0423058701

Tahun: 2014

Latar Belakang : Sistem Pendidikan Boarding School sudah banyak digunakan di Indonesia termasuk STIKes Kuningan. Boarding School sebenarnya efektif untuk mendidik kecerdasan, keterampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral mahasiswa. Data Indeks Prestasi Semester mahasiswa menunjukan 22% memuaskan, 67% sangat memuaskan dan hanya 10% dengan pujian. Tujuan untuk mengetahui hubungan antara sistem pendidikan berbasis Boarding School dengan prestasi belajar pada mahasiswa program studi D III Kebidanan semester IV di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan 2009. Metode : Jenis penelitian analitik dengan menggunakan metode korelasional. Populasi adalah seluruh mahasiswa program D III Kebidanan semester IV kelas reguler STIKES Kuningan tahun 2009 sebanyak 70 mahasiswa dan pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : Hubungan kemandirian dengan prestasi belajar p = 0,084 (0,208), Kedisiplinan dengan prestasi belajar nilai p = 0,003 (r=0,354). Spiritual dengan prestasi belajar p = 0,058 (r=0,228), minat bakat dengan prestasi belajar nilai p= 0,010 (r=0,307). Kesimpulan dan saran : Kedisiplinan serta minat dan bakat berhubungan dengan prestasi belajar, sedangkan kemandirian dan spiritual idak berhubungan dengan prestasi belajar. Saran bagi pengelola asrama meningkatkan konseling dan meningkatkan kedisiplinan mahasiswa.