Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DELIKAN (DENGAR, LIHAT, KERJAKAN) PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERISTAS PAMULANG
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0413088901

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1 dengan metode pembelajaran delikan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah dosen kalkulus 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang, sedangkan subjek penerima tindakannya adalah mahasiswa semester 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang yang berjumlah 43 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data tindakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses perkuliahan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dosen meningkat dari 23,26% menjadi 58,14%, 2) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 20,93% menjadi 39,53%, 3) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal sesuai dengan konsep yang telah dipelajari meningkat dari 46,51% menjadi 76,74%. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran delikan dapat mengatasi miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah kalkulus 1.