Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: ANALISIS EFISIENSI BIAYA DENGAN PENDEKATAN STOCHASTIC FRONTIER APPROACH (SFA) (Survey pada Koperasi Baitul Maal Wattamwil Kota Tangerang Selatan Periode Tahun 2011-2015)
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0420047901#0320046901

Tahun: 2017

 Efisiensi secara teori adalah parameter yang salah satunya digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan suatu lembaga atau perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan perbedaan nilai efisiensi biaya.

      Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Koperasi Baitul Maal Wattamwil (BMT) Kota Tangerang Selatan kategori Koperasi Jasa Keuangan Syariah. Data penelitian adalah data keuangan empat sampel Koperasi BMT yang diperoleh langsung dari Koperasi BMT Kota Tangerang Selatan. Kemudian, data tersebut dibagi menjadi variabel yang tergolong sebagai input dan output. Penentuan variabel pada penelitian ini menggunakan pendekatan parametrik, Stochastic Frontier Approach (SFA). Variabel tersebut terdiri dari Total Pembiayaan, Penempatan pada Bank/BMT lain, Biaya Tenaga Kerja, Beban Bagi Hasil, Total Biaya dan dibandingkan dengan Total Aktiva.

      Metode yang digunakan dalam penelitian ini diukur dalam presentase (rasio). Yang mendekati 100% berarti Koperasi BMT yang paling efisien. Selama periode penelitian (2011-2015), tingkat efisiensi yang dihasilkan dibandingkan antara satu Koperasi BMT dengan Koperasi BMT lain dalam sampel. Hal ini akan menyiratkan bahwa satu Koperasi BMT merupakan Koperasi BMT paling efisien disetiap tahun jika diukur secara relatif terhadap yang lain.

      Hasil analisis panel data dari penelitian ini menunjukan nilai KBMT Al Fath IKMI 86,84%, KBMT Al Munawwarah 97,36%, KBMT Mekar Dakwah 97,62% dan KBMT UMJ 97,25% . Dan skor tertinggi adalah Koperasi BMT Mekar Dakwah.