Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: PENGARUH DANA PERIMBANGAN, DANA SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SiLPA) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA MODAL DAN DAMPAKNYA PADA PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH BODETABEK PERIODE 2006 s/d 2015
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0420108304#0406066003

Tahun: 2017

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dana perimbangan, dana sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) dan pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja modal dan dampaknya pada pertumbuhan ekonomi.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan metode regresi data panel.Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 70 sampel.

Hasil di dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pertumbuhan dana perimbangan, Pendapatan Asli Daerah (PAD), belanja modal dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Bodetabek dari tahun 2006 s/d 2015 rata-rata mengalami peningkatan setiap tahunnya sedangkan pertumbuhan dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) di wilayah Bodetabek dari tahun 2006 s/d 2015 rata-rata mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Dana perimbangan tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.Dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.Dana perimbangan, dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal. Belanja modal berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.