Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: ANALISIS MODEL BISNIS DAN STRATEGI PERUSAHAAN START UP E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA GEROBAKONLINE.COM)
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0408066401

Tahun: 2017

Perkembangan bisnis dengan platform e-Commerce di Indonesia sudah maju pesat. Pemerintah sangat

mendukung pertumbuhan bisnis dengan platform e-Commerce, dengan paket ketbijakan ekonomi

dan memberikan panduan dan peta jalan industri e-Commerce. Salah satu transaksi perdagangan

yang potensial dapat digarap melalui platform e-Commerce adalah UMKM. Barang dan jasa UMKM

memberikan kontribusi besar untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. GerobakOnline.Com

sebagai perusahaan start up e-Commerce memiliki visi dan misi untuk menjadi perusahaan marketplace

terkemuka melayani UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan

model bisnis GerobakOnline sebagai perusahaan start up e-Commerce. Analisis model bisnis menggunakan

kerangka e-model bisnis Osterwalder dan Pigneur. Metode penelitian menggunakan metode penelitian

kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik wawancara. Penelitian kualitatif bertujuan untuk

mendapatkan pemahaman dan gambaran secara menyeluruh mengenai model bisnis dan strategi

GerobakOnline. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa GerobakOnline sebagai perusahaan start up

e-Commerce memiliki 6 strategi inti pengembangan bisnis untuk meraih visi dan misi yang memberi

solusi dan nilai tambah kepada pasar UMKM. Model bisnis GerobakOnline sejalan dengan 6 strategi inti

perusahaan. Tiga pilar model bisnis : Infrastructure Management, Product Innovation, dan Customers

Relationship menunjukkan bagaimana perusahaan melalui semua aspek memberikan value sebesarbesarnya

kepada UMKM sebagai target mitra bisnis. Financial Aspect sebagai pilar ke empat menunjukkan

struktur biaya lebih besar dari aliran pendapatan yang disebabkan oleh beban biaya penyusutan dan biaya

pengembangan TI.