Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: KESULITAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung)
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0425088401#0421058601

Tahun: 2017

Kesulitan menyimak menjadi hambatan masuknya informasi kepada siswa. Hambatan tersebut dapat berupa salah persepsi atau tidak utuhnya informasi yang sampai kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan sebuah kasus pada pembelajaran menyimak yang tampak sebagai sebuah penyimpangan, kemudian penyimpangan tersebut dianalisis berdasarkan tahapan untuk melihat faktor-faktor yang melatarbelakangi penyimpangan tersebut, sedangkan tahap akhir penelitian kasus ini adalah memberikan tanggapan berupa perlakuan dalam konteks tertentu atau dalam penelitian studi kasus biasa disebut tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik deskriptif kualitatif untuk memperoleh data secara sistematis, faktual, dan akurat. Data dalam penelitian ini berupa data lisan dan tulis. Data lisan diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi pada siswa, sedangkan data berupa tulisan diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan menyimak yang dialami siswi (X) disebabkan oleh terganggunya indera pendengaran; (2) gangguan indera pendengar terjadi karena siswi (X) mengalami kecelakaan di kolam renang umum; (3) motivasi dari guru sangat berperan untuk kasus yang dialami oleh siswi (X); (4) siswi (X) memerlukan layanan khusus dalam proses pembelajaran keterampilan menyimak.