Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: OPEN JOURNAL SYSTEM
Judul: "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GAME MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR OTHER REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)"
Perguruan Tinggi: Universitas Jenderal Achmad Yani
Jenis/sdm: dosen/0405097503

Tahun: 2018

Permainan elektronik atau game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Seiring dengan berkembangyna zaman, perkembangan game pun ikut berkembang. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari banyaknya game yang beredar dimasyarakat saat ini. Banyaknya game yang ada mengakibatkan sebuah masalah, terutama masalah pada saat memilih game. Pemilihan sebuah game tidak hanya dapat dilihat dari identitas game-nya saja seperti jenis game, jumlah pemain, ataupun yang lainya. Pemilihan game juga harus memperhatikan spesifikasi perangkat kerasnya. Mengkombinasikan antara spesifikasi dengan atribut lainya dari game bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dilihat dari jumlah game ada sekarang akan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan game yang sesuai keinginan pemain. Sistem pendukung keputusan pemilihan game menggunakan metode TOPSIS dapat memilih game yang sesuai dengan keinginan pemain menggunakan beberapa kriteria sebagai pembandingnya. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya harga game, spesifikasi perangkat keras/hardware dengan subnya, jenis game, jenis/jumlah pemain, virtual reality, dan atribut tambahan. Diharapkan sistem ini dapat mem