Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGARUH SUHU DAN LAMA OKSIDASI ENZIMATIS DAUN SIRSAK TERHADAP KARAKTERISTIK TEH HERBAL MIX DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii)
Judul: PENGARUH SUHU DAN LAMA OKSIDASI ENZIMATIS DAUN SIRSAK TERHADAP KARAKTERISTIK TEH HERBAL MIX DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii)
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0421106701#0019095502

Tahun: 2016

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh interaksi antara suhu dan lama oksidasi enzimatis daun sirsak selama proses pembuatan teh herbal daun mix daun sirsak (Annona muricata L) dan kayu manis (Cinnamomum Burmannii) terhadap karakteristiknya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang diversifikasi jenis minuman fungsional yang berbasis daun sirsak dan kayu manis, meningkatkan nilai ekonomis daun sirsak dan nilai ekonomis produk minuman fungsional dan untuk peningkatan produk food functional yang dapat memberikan dampak kesehatan bagi tubuh karena zat-zat yang terkandung didalamnya. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3, pengulangan terhadap perlakuan sebanyak 3. Variabel yang digunakan adalah suhu (A) dan lama oksidasi enzimatis (B). Suhu oksidasi enzimatis berpengaruh nyata terhadap kadar antioksidan teh herbal mix daun sirsak dan kayu manis. Lama oksidasi enzimatis tidak berpengaruh nyata terhadap kadar antioksidan, kadar air, rasa warna dan aroma seduhan teh herbal mix daun sirsak dan kayu manis. Interaksi suhu dan lama oksidasi enzimatis berpengaruh nyata terhadap respon hedonik warna, rasa dan aroma seduhan teh herbal mix daun sirsak dan kayu manis. Sampel terbaik menurut analisis perhitungan skoring didapatkan sampel a3b2 sebagai sampel terbaik karena memiliki skor tertinggi.