Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN CARA PENGOLAHAN BUAH TERHADAP KARAKTERISTIK HARD CANDY BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)
Judul: PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN CARA PENGOLAHAN BUAH TERHADAP KARAKTERISTIK HARD CANDY BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0412087001#0421046801

Tahun: 2014

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan pengolahan metode asam sitrat pada karakteristik buah naga merah permen buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). Untuk menentukan interaksi antara konsentrasi asam sitrat dan metode pengolahan pada karakteristik buah permen buah naga merah keras (Hylocereus polyrhizus). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif baru dalam diversifikasi buah naga merah, memperpanjang masa simpan buah naga merah, dan mempertahankan atau meningkatkan kualitas dan nilai gizi dari buah naga merah. Penelitian dilakukan pada dua tahap penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian awal meliputi analisis bahan baku dan penentuan rasio sukrosa: glukosa dan konsentrasi pure buah naga merah, yang terbaik adalah untuk digunakan dalam studi utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Berpisah Plot Desain (RPT) dengan dua ulangan. Plot utama adalah konsentrasi asam sitrat (A) terdiri dari tiga perbandingan, yaitu a1 (0,3%), a2 (0,5%), dan a3 (0,7%). Subplot cara pengolahan (B) adalah pure buah (b1), jus buah (b2), jus buah (b3), dan ekstrak buah (b4). Berdasarkan hasil penelitian, sampel dipilih dari analisis kimia dan organoleptik bagaimana pengolahan adalah untuk yang terbaik haluskan buah A1B1 pengolahan dengan konsentrasi asam sitrat 0,3%, untuk yang terbaik jus buah A1B2 pengolahan dengan konsentrasi asam sitrat 0,3 %, untuk memproses A2B3 jus terbaik dengan konsentrasi asam sitrat 0,5%, dan untuk pengolahan ekstrak buah a1b4 terbaik dengan konsentrasi asam sitrat 0,3%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan pengolahan metode asam sitrat pada karakteristik buah naga merah permen buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). Untuk menentukan interaksi antara konsentrasi asam sitrat dan metode pengolahan pada karakteristik buah permen buah naga merah keras (Hylocereus polyrhizus). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif baru dalam diversifikasi buah naga merah, memperpanjang masa simpan buah naga merah, dan mempertahankan atau meningkatkan kualitas dan nilai gizi dari buah naga merah. Penelitian dilakukan pada dua tahap penelitian pendahuluan dan penelitian utama.