Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: SNIFA FARMASI UNJANI
Judul: SURVEI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI SALAH SATU INDIKATOR KUALITAS PELAYANAN DI SALAH SATU APOTEK DI BANDUNG
Perguruan Tinggi: Universitas Jenderal Achmad Yani
Jenis/sdm: dosen/ 9990024422

Tahun: 2017

Salah satu indikator yang digunakan dalam mengukur kualitas layanan

sebuah produk baik barang maupun jasa adalah kepuasan pelanggan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

terhadap kualitas layanan di salah satu apotek di Bandung. Pelaksanaan

survei kepuasan pelanggan dilakukan dengan metode pengisian kuesioner

secara langsung oleh responden dengan dipandu oleh interviewer

menggunakan kuesioner yang berisi seperangkat pertanyaan khusus yang

terdiri dari lima dimensi yaitu responsiveness, assurance, tangibles,

empathy, dan reliability. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa secara

deskriptif dan disediakan dalam bentuk diagram Cartesian. Dari hasil

analisa diperoleh, atribut yang menjadi prioritas utama yang harus

ditingkatkan dari keseluruhan dimensi dalam upaya meningkatkan

kepuasan pelanggan apotek adalah petugas apotek harus memberikan

alternatif penggunaan obat-obatan