Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PT. TASPEN (PERSERO) KCU BANDUNG)
Judul: PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PT. TASPEN (PERSERO) KCU BANDUNG)
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0412066101

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap disiplin kerja, serta pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian dilakukan di PT. Taspen (Persero) KCU Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja dan komitmen organisasai memberikan pengaruh terhadap disiplin kerja sebesar 64,99%, pengaruh variabel independen yang dominan adalah komitmen organisasi sebesar 31,69%, sedangkan motivasi kerja sebesar 11,62%. Kata Kunci : Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Pergawai