Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PEKAN ILMIAH TAHUNAN IX UNJANI
Judul: HUBUNGAN ANTARA TINGKAT INTELEGESI DAN KELOMPOK INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI TK-SD-SMP ISLAM IBNU SINA
Perguruan Tinggi: Universitas Jenderal Achmad Yani
Jenis/sdm: dosen/0419116001

Tahun: 2017

Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif, ditandai dengan gangguan

pada interaksi sosial, komunikasi, dan pola perilaku terbatas. Anak dengan gangguan

autisme yang menginjak usia sekolah, menghadapi suatu hambatan, salah satunya

hambatan dalam berinteraksi sosial. Berdasarkan kemampuan berinteraksi sosial

dapat dibagi menjadi kelompok rnenyendiri, pasif, dan aktif tetapi aneh.

Pengembangan kemampuan interaksi sosial anak autisme didukung oleh faktor dari

luar dan dalam, salah satunya yartu kemampuan intelegensi anak. Mengetahui tingkat

inteligensi anak autisme sangat berguna untuk pemilihan tatalaksana yang sesuai dan

menentukan prognosis dari anak tersebut. Pengelompokan autisme berdasarkan

tingkat inteligensinya dibagi menjadi tiga kelompok yaitu rendah, sedang, dan tinggi.

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa anak autisme yang memiliki tingkat

intelegensi tinggi