Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Judul: PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0426068802#0415048605

Tahun: 2017

Abstrak. Penelitian ini beranjak dari masalah yang muncul pada siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung yaitu memiliki kesulitan di dalam menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empirik tentang pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik expost-facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, sampel penelitian di SDN Pelita dan SDN Karangpawulang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen berbentuk esai untuk kemampuan berpikir kritis dan data kemampuan menulis narasi dilakukan dengan tes esai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung.