Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: JURNAL WESTPHALIA
Judul: Proyeksi Polandia sebagai Pasar Potensial Baru bagi Indonesia
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0430087207

Tahun: 2017

Polandia sebagai pintu gerbang bagi diplomasi ekonomi Indonesia di Eropa Tengah dan Timur memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Indonesia dan Polandia sudah lama membangun hubungan baik yang disampaikan keduanya. Termasuk adalah hubungan ekonomi dimana perdagangan, investasi dan pariwisata menjadi indikator yang sangat penting bagi ukuran keberhasilan diplomasi ekonomi Indonesia ke Polandia. Inilah latar belakang penelitian ini, yaitu sejauh mana kinerja diplomasi ekonomi Indonesia ke Polandia dengan fokus pada bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Maka nanti dengan mengacu pada indikator tersebut maka penulis akan dapat memproyeksikan potensi Polandia sebagai pasar potensial baru untuk Indonesia nantinya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan deskriptif. Dengan data berdasarkan pengamatan dan sumber data sekunder yang berasal dari bibliografi dalam bentuk literatur primer. Teori kebijakan luar negeri dan diplomasi ekonomi akan digunakan secara luas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah potensi Polandia sebagai pasar prospektif baru bagi Indonesia yang masih membutuhkan proses yang panjang meski tidak mungkin terjadi. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan mengenai cara dan langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki diplomasi ekonomi Indonesia, sehingga kinerja perdagangan, investasi dan pariwisata antara kedua negara akan semakin baik. Kata kunci: diplomasi ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, potensi pasar