Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Harga Saham
Judul: PENGARUH PRICE TO BOOK VALUE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP HARGA SAHAM KATEGORI KOMPAS 100 DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2016
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ppi
Jenis/sdm: dosen/0411077505

Tahun: 2017

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor fundamental yang terdiri dari Price Earning Ratio, dan Price To Book Value terhadap harga saham pada perusahaan katagori kompas 100 yang terdaftar di BEI periode 2013-2016.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan katagori kompas 100. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa laporan posisi keuangan,  sampai dengan tahun 2016 dan laporan laba rugi. Dalam penelitian ini, pengolahan data yang digunakan adalah untuk melakukan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Pengujian koefisien determinasi dan uji t serta uji f.

Berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil persamaan Harga saham = 14235 + 40,6 PER - 11108 PBV. Sedangkan berdasarkan hasil uji t diperoleh PER memiliki pengaruh terhadap Harga Saham. PBV memiliki pengaruh terhadap Harga Saham. Ada  pengaruh signifikansi PER dan PBV secara bersama-sama terhadap Harga Saham.

Koefisien determinasi sebesar 23% yang berarti harga saham dapat dijelaskan oleh variabel Price Earning Ratio, dan Price To Book Value sedangkan sisanya sebesar 77% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.