Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: KEBIDANAN
Judul: GENERASI SEHAT MELALUI IMUNISASI
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati
Jenis/sdm: dosen/0404078202

Tahun: 2011

Keberadaan Bidan menjadi bagian dari organisasi jaringan pelayanan kesehatan di komunitas. Tuntutan kompetensi Bidan di komunitas tidak hanya sebatas mampu untuk melakukan peranannya sebagai pelaksana dan pengelola pelayanan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak Balita, akan tetapi peranannya sebagai Bidan Pendidik dan Peneliti pun dibutuhkan untuk dapat me-manage segala permasalahan dikomunitas yang dapat menjadi penghambat dalam pengelolaan pelayanan kesehatan khususnya KIA sehingga mampu berhasilguna untuk menekan AKI dan AKB.

Kehadiran buku ini terinspirasi dengan banyaknya realita keterbatasan Bidan dalam mengenal jatidirinya sebagai tulang punggung untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta upaya keselamatan Ibu Bayi dan Anak Balita. Keberadaan Bidan di komunitas mempunyai peranan penting untuk menggerakan dan memberdayakan masyarakat, keluarga dan individu dalam mendukung program kesehatan. Hal ini menjadi sumber daya yang penting untuk membentuk perilaku sadar terhadap kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Kehadiran Buku ini dapat menjadi suatu harapan untuk membentuk generasi Bidan Komunitas yang lebih siap menghadapi tantangan kebutuhan era gloalisasi.