Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kewirausahaan
Judul: Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Program Keahlian Rekayasa Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: dosen/0415026202

Tahun: 2015

Alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan mengenai rendahnya minat berwirausaha lulusan SMK adalah dengan menumbuhkan minat berwirausaha untuk membuka usaha baru dan menjadi wirausaha muda yang sangat dibutuhkan oleh negara pada saat sekarang ini. Wirausaha dalam hal ini dapat dimaknai sebagai kemampuan melihat dan menilai peluang bisnis serta mengoptimalkan sumber daya dan berani dalam mengambil resiko. Seseorang dapat memulai suatu usaha yang baru harus dibekali dengan pengetahuan kewirausahaan dan dorongan dari lingkungan keluarganya. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan memahami Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Program Keahlian Rekaya Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif analisis dengan analisis jalur. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara dan penyebaran angket). Teknik pengumpulan sampel dilakukan sensus.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Tingkat efikasi diri siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa berada dalam kategori cukup tinggi. Minat berwirausaha siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi SMK di Kota Bandung berada dalam kategori cukup tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi SMK di Kota Bandung.