Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Perusahaan
Judul: Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik IPDN Jatinangor)
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: mahasiswa/MM11565

Tahun: 2017

Di tengah dinamika kegiatan pendidikan kedinasan IPDN kampus Jatinangor, Poliklinik IPDN mempunyai peran yang cukup penting dalam memberikan jasa pelayanan kesehatan kepada seluruh   civitas   akademika,   dan   seluruh   lapisan   petugas   bertekad   secara   continue meningkatkan kepuasan pasien. Dengan maksimalisasi fungsi sarana prasarana yang telah ada serta didukung aksi pelayanan prima maka kepuasan pasien yang diharapkan akan dapat terwujud.

Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan alat analisis Regresi dan

Korelasi dengan hasil sebagai berikut:

a.  Pengaruh   sarana   prasarana   terhadap   kepuasan   pasien   sebesar   59,20%   artinya berpengaruh sedang. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan kepuasan pasien.

b.  Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien masuk pada kategori kuat (74,20%).Hasil uji hipotesis mengartikan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien adalah signifikan.

c.  Besarnya pengaruh sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien masuk kategori kuat sebesar 77,90%.