Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Koperasi
Judul: Dampak Strategi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Partisipasi Anggota sebagai Pengguna Koperasi
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: mahasiswa/MM14923

Tahun: 2018

Koperasi karya  sejahtera  PT.  Polyfin  Canggih  merupakan  salah  satu  koperasi  yang  ada  di  lingkungan perusahaan, koperasi karya sejahtera harus mengetahui faktor-faktor yang  mempengaruhi tingkat partisipasi anggota sebagai pengguna koperasi, koperasi karya sejahtera harus membuat beberapa perbaikan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pengguna koperasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak Strategi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Partisipasi Anggota Sebagai pengguna Koperasi, sample dalam penelitian ini adalah 97 orang anggota koperasi karya sejahtera PT. Polyfin Canggih sebagai responden yang menjawab pernyataan dari kuesioner yang dibagikan kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.  Data dari pengujian persamaan diketahui nilai F-tabel sebesar 3,94. Artinya F-stat > F-tabel (114,782 > 3,94) hal ini berarti  bahwa pada derajat keyakinan 95%, variabel Strategi bauran pemasaran dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel Tingkat partisipasi Anggota sebagai Pengguna Koperasi. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,709. Tingkat Partisipasi Anggota sebesar 70,9% dipengaruhi oleh Strategi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan dan sisanya sebesar  29,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.