Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen
Judul: ANALISIS KEUANGAN YANG MEMPENGARUHI BETA SAHAM (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Keramik Porselen dan Kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 sampai dengan 2014)
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0412017706

Tahun: 2018

Penelitian ini meneliti  faktor-faktor yang mempengaruhi beta saham pada perusahaan manufaktur subsektor keramik ,porselen dan kaca yang terdaftar di BEI pada tahun 2010 – 2014. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi beta atau risiko sistematik merupakan hal yang menarik untuk dilakukan karena sifat dari risiko ini yang selalu melekat pada setiap investasi saham.

Populasi perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur subsektor keramik ,porselen dan kaca yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Faktor-faktor yang diteliti antara lain operational leverage, asset growth, beta akuntansi, current ratio, asset size, dan earning variability.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan operational leverage, asset growth, asset size, dan earning variability mempengaruhi beta saham. operational leverage mempengaruhi beta saham secara negatif sebesar -0.428,asset growth mempengaruhi beta saham secara negatif sebesar -0.454,asset size mempengaruhi beta saham secara negatif sebesar -0.662,sedangkan earning variability mempengaruhi beta saham secara negatif sebesar -0.343,dan secara simultan sebesar 3.973.

Keyword : beta saham, operational leverage, asset growth, beta akuntansi, current ratio, asset size, earning variability