Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen
Judul: PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BAJA MANDIRI DI JAKARTA
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0407086702

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Baja Mandiri di Jakarta.

Metode yang digunakan adalah explanatory research, dan pengujian hipotesis. Dengan teknik survey, menyebar kuesioner dengan skala Likert. Teknik penentuan memakai sampling jenuh dengan 50 responden.

Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif yaitu: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi (R2) dan Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F).

Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut:

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dengan korelasi positif 0,615 dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh sebesar 37,8%. Uji hipotesis ρ value 0,000 < 0,05.

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian, dengan korelasi positif 0,650 dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh sebesar 42,3%. Uji hipotesis diperoleh ρ value 0,000 < 0,05.

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan korelasi positif 0,690 dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh sebesar 47,6%. Uji hipotesis diperoleh ρ value 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian