Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen
Judul: PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FILMA MINYAK GORENG DI PT SMART TBK
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0408069201

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah para klien GT (General Trade) potensial di Jabotabek yang melakukan pembelian produk Filma cooking oil secara berkala di PT SMART Tbk dengan jumlah sampel sebanyak 114. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 22.

Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji parsial (t) menunjukan bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 4,337 >1,659 dan sig 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 2,876 > 1,659 dan sig 0,005 < 0,05 sementara harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000< 0,05 dan Fhitung 23,645 > Ftabel 2,690. Dari model regresi linear berganda maka harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Harga, Filma cooking oil, Promosi, Keputusan Pembelian.