Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS MAHASISWA
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0411117503

Tahun: 2018

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematika mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal matematisnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa yang mempunyai kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah dari 84 mahasiswa semester I program studi pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik norm referenced evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan literasi matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi memiliki kemampuan literasi matematika level 6 karena mampu menyelesaikan soal literasi matematika sampai level 6. Pada mahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematis sedang memiliki kemampuan literasi matematika level 4 karena mampu menyelesaikan soal literasi matematika sampai level 4, sedangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah  memiliki kemampuan literasi di bawah level 4 karena tidak mampu menyelesaikan soal literasi matematika sampai level 4.

 

Kata Kunci :  Kemampuan literasi matematika; Kemampuan awal matematis