Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Mengembangkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Perangkat Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0414117904

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang berbasis pada teori Van Hiele, sehingga selanjutnya dapat mengetahui kualitasnya berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan studi analisis di sekolah, ditemukan bahwa guru dalam mengajar menggunakan LKS dan buku paket keluaran edisi lama yang disediakan perpustakaan sekolah. Materi yang luas dan tampilan kurang menarik, membuat buku tersebut hanya sesekali digunakan siswa, yaitu ketika mengerjakan latihannya saja. Berkenaan materi dalam LKS yang digunakan, siswa tidak disajikan dengan permasalahan-permasalahan praktis dan sistematis sehingga membuat siswa kesulitan memperoleh pijakan dalam proses membangun pengetahuannya. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen untuk mengukur kualitas produk yaitu angket penilaian (ahli materi dan ahli media) untuk aspek kevalidan, angket penilaian guru dan angket respon siswa untuk aspek kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa untuk aspek keefektifan. Kualitas kevalidan RPP memperoleh skor 3,82 dari skor maksimal 5 yang berarti valid, dan LKS memperoleh skor rata-rata 4,44 yang juga berarti valid. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,45 dari skor maksimal 4 yang berarti sangat praktis. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, memperoleh skor rata-rata 74,71 yang menunjukan bahwa produk yang dikembangkan adalah efektif. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, teori van hiele, dan kemampuan pemecahan masalah