Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Pengembangan Bahan Ajar Teorema Pythagoras dengan Suplemen Materi Histori of Mathematics
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0414117904

Tahun: 2018

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa bahan ajar matematika yang digunakan lebih cendrung menunjukan sisi kalkulatif matematika hal tersebut membuat beberapa siswa kesulitan dalam belajar. Bahan ajar sebagai salah satu komponen dalam proses belajar matematika hendaknya memenuhi kriteria dan prinsip bahan ajar sehingga dapat menimbulkan keinginan siswa untuk membaca dan belajar. Guru dapat mengembangkan bahan ajar dengan memanfaatkan history of mathematics sebagai jembatan tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar teorema Pythagoras dengan suplemen materi history of mathematics yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis pengembangan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan yang dilakukan yaitu: (1) analysis melakukan analisis kebutuhan akan bahan ajar, (2) design melakukan perancangan bahan ajar berdasarkan data dari analisis kebutuhan, (3) Development melakukan pengembangan bahan ajar berdasarkan hasil validasi dari ahli/pakar materi, ahli/pakar media, dan guru pengampu. (4) Implementation melakukan uji coba terbatas oleh siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan, (5) Evaluation melakukan perhitungan kevalidan dan kepraktisan untuk mengukur kualitas bahan ajar. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi skor empiris yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Berdasarkan hasil validasi, bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli/pakar materi dan ahli/pakar media dengan skor rerata 3,93 memenuhi kategori baik. Bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian ahli/pakar guru pengampu dan angket respon siswa dengan skor rerata 3,78 memenuhi kategori baik.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, History of Mathematics